Tujuan
1.   Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Tujuan pendidikan SMK adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
2.   Tujuan Pendidikan
a.     Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembuku - Bangli
Sekolah dituntut merumuskan dan menetapkan tujuan serta mengembangkannya, mengacu pada visi, misi dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Sebagaimana layaknya sekolah-sekolah pada umumnya, maka Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembuku memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai, antara lain:
1.     Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di pelayanan kesehatan keperawatan umum serta dunia usaha lainnya sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya.
2.     Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dilingkungan kerja, dan mengembangkan sikap professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
3.     Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari, baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
4.     Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.


b.    Tujuan Program/Kompetensi Keahlian “Keperawatan Umum”
1.     Melayani masyarakat dibidang kesehatan, khususnya bidang keperawatan
2.     Memberi informasi dan pendidikan tentang kesehatan dibidang keperawatan
3.     Sebagai pelaksana manajemen klinik pelayanan kesehatan bidang keperawatan.